Laptop Google Bakal Pakai Engsel Otomatis

Selama ini engsel laptop mempunyai fungsi yang tidak banyak berubah, Pengguna harus membuka layar secara manual lalu menyalakan laptop.

Bagaimana kalau engsel laptop ditambahi motor supaya bisa membuka sendiri? Itulah yang sedang dirancang oleh Google dalam sebuah dokumen paten yang diajukannya ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Paten tersebut menjelaskan kalau layar laptop Google bisa terbuka secara otomatis dengan motor. Pengguna cukup mengetuk/menyentuh bagian punggung layar ketika laptop dalam keadaan tertutup.

Kemampuan membuka layar secara otomatis bertujuan agar kalangan pengguna tertentu, misalnya penyandang disabilitas, bisa lebih mudah menggunakan laptop.

Bukan hanya membuka layar sendiri, laptop Google dalam paten berjudul “Notebook Computer with Motorized Display Positioning” itupun dilengkapi serangkaian sensor yang bisa mendeteksi jarak dan posisi wajah pengguna.

Sebagaimana ditulis KompasTekno dari Engadget Kamis 30 November 2017, dengan bantuan motor di engselnya laptop pun bisa meyesuaikan sudut pembukaan layar lagar senantiasa optimal untuk pandangan pengguna.

Ketika laptop mendeteksi pengguna sedang tidak berada di depannya, layar akan menutup sendiri secara otomatis agar tak dipakai oleh orang lain.

Sayang, meski mungkin terdengar menarik sejauh ini laptop tersebut masih berupa sekedar paten yang sudah diajukan oleh Google sejak Oktober 2013 lalu.

Belum bisa dipastikan apakah konsepnya benar-benar akan terwujud dalam bentuk produk laptop Google Chromebook atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *